3 PTN Indonesia Masuk Daftar Kampus Akuntansi Terbaik

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Rankings (WUR) by Subject 2022 telah merilis universitas terbaik di bidang Akuntansi.
Pemeringkatan dalam subject “Accounting and Finance” tersebut didasarkan pada lima komponen yakni reputasi akademik, reputasi di mata perekrut, kutipan penelitian per makalah, indeks-H, dan jaringan riset Internasional.

Dari hasil penilaian QS WUR by Subject “Accounting and Finance”, hanya ada tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia yang berhasil masuk daftar.

Baca Juga : 7 Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan Perusahaan, Digaji hingga Ratusan Juta

Ketiga PTN tersebut adalah Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Gadjah Mada. Berikut ini daftar peringkatnya.

3 PTN Terbaik Bidang Akuntansi di Indonesia Versi QS WUR 2022:

1. Universitas Indonesia (UI)
Peringkat dunia bidang akuntansi: 151-200.

Program Studi S1 Akuntansi memiliki mahasiswa aktif kurang lebih 800 orang. Kurikulum prodi S1 Akuntansi sudah selaras dengan kebijakan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbud RI serta sudah menyesuaikan dengan International Education Standard oleh IAESB.

Prodi Sarjana Reguler Akuntansi UI memiliki Akreditasi A sesuai dengan Keputusan BAN-PT No. 4828/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VIII/2020 tanggal 25 Agustus 2020. Program Studi S1 Akuntansi juga telah dinilai kembali oleh Asean University Network (AUN) tahun 2020 dengan hasil Adequate As Expected.

2. Universitas Airlangga (Unair)
Peringkat dunia bidang akuntansi: 201-250

Unair memiliki Departemen Akuntansi yang menaungi tiga program studi yakni Program Studi Sarjana Akuntansi, Program Magister Akuntansi, dan Program Doktor Ilmu Akuntansi.

Departemen Akuntansi memiliki kurang lebih 50 tenaga pengajar penuh waktu, dengan 68 persen bergelar doktor dan 18,37 persen adalah Profesor.

Program Studi S1 Akuntansi telah disertifikasi oleh AUN-QA dan tiga program studi telah terakreditasi ABEST21 sejak Maret 2020.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Peringkat dunia bidang akuntansi: 201-250

Jurusan Akuntansi UGM memiliki kurikulum yang didesain dan dimutakhirkan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di era teknologi informasi, termasuk keahlian dalam hal big data dan digital analytics.

Lulusan juga dibekali dengan softskills dan hardskills yang dilaksanakan dalam program yang terstruktur selama studi.

Jurusan Akuntansi UGM memiliki akreditasi dengan nilai A oleh BAN-PT dan akreditasi Internasional oleh AACSB untuk Sekolah Bisnis.

Nah, itulah 3 PTN Indonesia yang berhasil masuk daftar universitas terbaik versi QS WUR by Subject 2022 “Accounting and Finance”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.